Flashdisk Cepet Rusak? Pelajari 5 Langkah Untuk Mencegah Flashdisk Rusak

Zaman dulu orang menyimpan data memakai Flopy disk. Sedangkan sekarang bisa dengan flashdisk atau dengan harddisk external. Nah, tapi bagaimana sih, jika flashdisk cepet banget rusak? sama denagn harddisk, flashdisk juga butuh perawatan serta perlakuan khusus.

Nah, karena tidak faham cara merawatnya itu, kadang flashdisk cepet banget rusak. Sebenarnya mudah saja, untuk bisa merawat flashdisk. Dan meski sederhana, jarang orang faham. Oke, kita simak saja informasi di bawah ini, agar lebih faham cara merawat flashdisk.

Cara Merawat Flashdisk Agar tidak rusak

1. Instal anti virus

Ada kok antivirus yang bisa dipakai untuk flashdisk. Nah, download dan instal saja. Cara ini dimaksudkan agar virus tidak menginveksi flashdisk kamu. Cara ini meski sederhana tapi bisa dikatakan bekerja 100 persen.

Oke, apa saja virus yang bisa diinstal? banyak sekali. Cek saja di internet dengan kata kunci antivirus yang bisa diinstal untuk flashdisk. Oke selamat mencoba!

2. Minimalisir protes hapus tulis.

Maksudnya begini. Memasukkan file ke dalam flashdisk namanya menulis, sedangkan memformatnya adalah menghapus atau menghapus dengan cara mendelete.

Nah, maksimal flashdisk bisa dipakai sampai 100 ribu kali proses hapus tulis. Jika lebih dari itu, tentu akan rusak. Makanya, perhatikan, jangan sampai latah sering menghapus dan menulis di flashdisk.

3. Jauhkan dari benda panas dan medan magnet

Misalnya CPU atau magnet kuat. Nah, sebisa mungkin untuk tidak melakukannya. Selain itu, menancapkan flashdisk pada tape mobil 6 -12 jam non-stop juga akan membuatnya cepet panas.

Akibatnya jika terlalu panas, maka cepat rusak. Jika kamu memang mobile dengan tape mobil, carilah flash disk yang bagus dan tahan panas. Ini akan membuatnya lebih awet.

4. Eject Stop

Ini penting banget. Jangan langsung cabut flashdisk setelah dipakai. Tapi keluarkan dengan proses eject dulu atau stop. Sebab, jika tidak dieject system akan terus berjalan dan jiak dicabut paksa, tentu akan jadi bermasalah.

Inilah kenapa flashdisk sering rusak jika dipakai pada tape mobil. Karena tidak ada proses eject maupun stop. Jadi, sudah faham bukan?

5.  Jangan terkena air

Walau ada yang mengklaim tahan air, namun flashdisk juga tidak bagus kalau kena air. Jadi, usahakan sebaik mungkin dan sejauh mungkin dari air. Sebab, air akan merusakan dalaman flashdisk.

Nah, makanya, pastikan membawa tempat tersendiri untuk flashdisk. Terutama untuk kamu yang memang mobile banget dengan flashdisk. Ngerti, kan?

Oke, itulah 5 tips agar flashdisk tidak lekas rusak. Jika ada tips dari kamu, janganm sungkan untuk menambahkan pada kolom komentar, sebab tips dari kamu juga tidak kalah penting dari yang saya tulis.

Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Semoga bermanfaat dan tetap tunggu update dari saya, ya. Tentu saja seputar informasi bermanfaat yang lain. Salam.